Mandi Sendiri : Melatih Kemandirian Anak Day 1

Kamis, November 30, 2017

Montessori Aktivitas anak belajar mandiri
Quote by Montessori

Hari ini start game level 2, Melatih Kemandirian Anak.
So Montessori way.


Apa yang ingin saya latih bersama Syaima ?
Ada beberapa :
• Mandi Sendiri
• Memakai - Melepas Pakaian Sendiri
• Merapihkan mainannya
• Mencuci alat makannya Sendiri


Skill #1

Sebenarnya Syaima sudah mau dan mulai bisa mandi sendiri.
Tapi saya ingin bayi imut ini lebih disiplin saat mandi. Misalnya, tidak hanya sampoan dan sabunin perut dan tangan saja :D
Dan mulai belajar menggunakan handuk sendiri.

Skill #2
Berpakaian dan melepas pakaian pun sebenarnya Syaima sudah menunjukkan kesiapan.
Tapi ada beberapa hal yang masih agak menantang. Karena jangkauan tangan Syaima masih kurang untuk beberapa pakaian.
Ini sekaligus melatih motorik nya, membuka kancing, resleting, snap, dll.
Selain itu target saya buka hanya belajar memakai-melepas baju, tapi juga berbagai jenis pakaian dan aksesoris nya, seperti topi, kerudung, kaos kaki, sepatu, dll.

Skill #3
Bayi imut saya ini sebenarnya rajin, kadang beresin mainannya sendiri, atau membantu saya ketika saya sedang beresin mainannya, alhamduliLLaah.
Tapi masih lebih sering terhampar berantakan. Ini karena faktor saya juga yang belum konsisten, kadang sabar melatih dia beresin barang nya, tapi kadang juga ngga sabar pengennya buru-buru cepet beres.
Duhh.. Maafkan Ummi ya nak.

Skill #4
Mencuci alat makannya sendiri ini ide yang tiba-tiba muncul karena sekarang saya sedang di dapur menatap wastafel dan teringat Syaima yang suka sekali bantuin cuci piring.
Kalo ngga dikasih ijin buat bantuin, dia akan cemberut dan sesegukan :D

MasyaaAllaah excited banget :)
Sebenarnya ini one skill one week, jadi bisa sampai Day #30
Tapi untuk memenuhi tantangan kelas Bunsay IIP hanya diperlukan maksimal 17 hari laporan.

Bismillaah.. Akan start hari ini.

Day 1 is in this page.

***

Day #1 Mandi Pagi

Pagi ini mendung gelap dingin, enaknya buat tarik selimut lagi.
Berhubung gas di dapur juga habis, jadi saya agak bingung untuk 'pemanasan' bersama si bayi imut.

Aha! Saya inget sekali poin pertama yang saya baca di buku Bunda Cekatan.
Dressed up like a pro !
Saya langsung mengganti baju tidur dengan gamis dan mengenakan kerudung yang baru disetrika.


"Syaimaaa..." saya memanggil namanya dengan bersemangat, tapi tidak dengan nada neriakin ya.
"Iyaa Ummi... Aku datang.."
Dia berlari menghampiri saya di depan pintu kamar mandi.

"Ayok kita mandi. Mandi sendiri apa dimandiin ?"
"Mandi sendiri"
Kita berdua membaca doa sebelum masuk kamar mandi.
Syaima sudah bisa ?
Bisa.
Walapun belum tartil, setidaknya dia sudah hafal, alhamduliLLaah.


Apa dia lakukan di kamar mandi ?
Hihii.. Saya mantau sambi nyiapin bekal.

Syaima menyiram badannya dengan 'gayungnya'.
Gayungnya ini sebenarnya salah satu dari mainan nya. Kebetulan karena warnanya sama hijau dengan gayung kami, saya jadi kepikiran untuk menjadikan itu sebagai 'gayungnya'. Supaya Syaima lebih percaya diri di ketika mandi.
Siram lagi, ambil sabun, gosok dikit, siram lagi.
Biasanya dia akan memainkan busa sabun, karena dia memang suka.
Hihii.. 
Ya sudahlah. Karena sebentar lagi jemputannya datang akhirnya saya mulai memandikannya. KO.
Nanti sore bisa mulai lagi.



#Harike1 #Tantangan10hari #Level2 #KuliahBunsayIIP #MelatihKemandirian

You Might Also Like

0 komentar