Teruslah Mencoba, Berbahagia dan Mandiri, Nak !

Sabtu, Desember 23, 2017

 Aliran Rasa Game Level 2
Melatih Kemandirian Anak

Beberapa hari yang lalu saya membaca artikel tentang aspek yang sangat penting untuk distimulasi dengan optimal di usia 0-5 tahun. Salah satunya adalah kemandirian anak.
Pas sekali dengan tema kelas Bunsay bulan ini.
Di samping itu, tepat sekali dengan usia Bayi Imut yang memang sedang saya latih kemandiriannya.
Usianya tiga setengah tahun di bulan ini. Dia sering meminta untuk membantu saya.

Ketika saya mencuci piring, mencuci baju, menyapu, sampai menyediakan piring dan sendok untuk makan malam.

"Ummi, bolehkah aku bantu ?"

"Ummi, aku mau bantuin boleh ?"

"Coba aku juga.."

Dan ketika ummi tidak mengijinkan atau hanya sekedar beralasan, dia akan segera berbalik dan mojok.
Manyun dan mulai mewek, hihihii..

Di sebagian kesempatan, ummi memberikan dia kesempatan untuk mencoba.
Bahkan sedikit berboros listrik saat dia membilas cucian, karena keran dan pompa air yang terus menyala -kami belum punya penampungan air-.

Ummi yang mendadak rajin karena harus ngepel berkali-kali dalam sehari saat dia belajar makan sendiri.
Dan cerita seru lainnya.

Semua lebih karena untuk memenuhi kebahagiaannya.

Karena Ummi percaya, berawal dari kebahagiaannya, dia bisa mengembangkan yang lainnya, termasuk rasa percaya diri dan keberanian.

Ketika pembagian rapor kemarin, bunda guru bilang bahwa Bayi Imut tidak seperti anak seumurannya yang lain. Ketika anak seumurannya masih malu, minder dan takut-takut, si Bayi Imut ini berani mencoba dan berbicara.

Ummi semakin yakin untuk tidak bermalas-malasan, terus legowo dan penuh kesabaran mendampinginya berekspolasi, mencoba ini dan itu by her self. Untuk kebahagiaanya. Untuk kemandiriannya.



#aliranrasa
#gamelevel2
#melatihkemandirian
#KelasBunsayIIP

You Might Also Like

0 komentar