Day 11 : Dress Up and Undress Day 4

Minggu, Desember 10, 2017

Day 11

Hari ini Syaima belajar memakai baju -lagi-.
Saya lagi-lagi memandu langkah demi langkahnya.
Menunjukkan padanya bahwa di baju ada tiga lubang.
Saya sekaligus memberi kesempatan agar Syaima menghitungnya.
Satu. Dua. Tiga.
Saya sampaikan padanya -lagi- ada lubang untuk tangan kanan dan kiri, juga untuk kepala.
Setelah itu kemudian saya menanyakan ulang (Komunikasi Produktif) mana yang untuk tangan kanan, tangan kiri dan kepala.
Hampir sama dengan latihan hari kemarin.
Masih fokus belajar memakai dan melepas baju.
Tapi ada yang sangat menarik tadi sore.
Ketika saya masih terlelap kedinginan, Syaima menarik-narik saya karena pengen pipis.
Saya sampaikan padanya untuk membuka celana dan pergi ke toilet.
Lalu kemudian dia melakukannya.
Setelah itu dia memanggil saya. Saya yang masih ngantuk berat, digantikan Pak Su.
Tapi Syaima tidak mau, dia maunya Ummi.
Dan Ummi nya hanya bilang "Iya" lalu tidak sadar ternyata terlelap.
Dan tiba-tiba dibangunin Pak Su, "Siapa yang bersihin Syaima ?".
Hahh!
Saya kaget. Lupa.
Dan Syaima senyum-senyum lalu 'pamer', "Lihat ummi, aku bisa."
Dia menunjuk celana yang dipakainya sendiri.
Ohh.. Dia membersihkan dirinya sendiri, lalu memakai celana dalamnya sendiri.
Dan ummi harus membilasnya tapi dengan cara menarik agar dia tidak merasa apa yang dia lakukan tidak benar.
Kebetulan sore itu Syaima belum mandi, jadi saya mengajaknya mandi untuk ikut Abi. Karena memang kami biasa jalan-jalan sebentar di sekitar perumahan.
Malamnya, setelah pipis, dia pun lagi-lagi tidak mau dipakaikan.
"Syaima saja ya, jangan Ummi."
Ucapnya sambil memakai celana sendiri. 



#harike11 #Tantangan10hari #Level2 #KuliahBunsayIIP #MelatihKemandirian

You Might Also Like

0 komentar