Day 9 : Dress Up and Undress Day 2

Jumat, Desember 08, 2017

Day 9

Hari ini Syaima belajar memakai kaos dalam (singlet).
Saya tunjukkan satu persatu lobang tangan kanan, kiri dan kepala.
Kemudian saya tanya ulang mana yang lubang kepala, mana yang lubang tangan kanan, mana yang lubang tangan kiri.
AlhamduliLLaah dia paham.
Tapi dia masih agak kesulitan saat memakainya.
Saya melatihnya sambil menggunakan kamera selfi, jadi dia antusias melakukannya sambil sesekali tersenyum melihat gambarnya.
Selain itu, Syaima juga belajar mengenakan celana dalam.
Kami menyebutnya celana kecil.
Awalnya dia berkata 'tidak bisa, ummi saja' padahal mah dari kemarin-kemarin pun dia sudah bisa.
Hanya saja belum luwes.
Masih harus berlatih terus.
Sambil menunjukkan gambarnya di kamera, saya terus membimbing dan menyemangatinya.
Dan yeayy ! Berhasil.
AlhamduliLLaah, yang paling dibutuhkan untuk melatih kemandirian anak sebenarnya adalah kesabaran orang tua.
Ada yang lucu tadi.
Ketika dia mau pipis di toilet, dia melepas celananya sendiri.
Kemudian setelah keluar dari toilet, saya memintanya untuk memakai celana kecil nya sendiri.
Setelah agak lama dan entah berapa kali saya bilang "Nak, malu, pakai celananya.", akhirnya saya lihat dia pun memakainya sendiri.
Tapi ternyata terbaik. Hahahaa..
:D
Hhmm.. Syaima belum bisa membedakan mana sisi depan atau belakang.
Apalagi untuk pakaian polos tanpa aplikasi.
It's ok, baby imut.
Hari ini dia menunjukkan beberapa aksi kemandirian.
Tapi bukan skill of the week sih.
Seperti menyimpan piring di tempat cuci, setelah makan.
Mencuci tangan sendiri.
Membuat susu sendiri, dan lain sebagainya.
AlhamduliLLaah



#harike9 #Tantangan10hari #Level2 #KuliahBunsayIIP #MelatihKemandirian

You Might Also Like

0 komentar