Agar Disayang Allaah - Game 3 Day 3

Sabtu, Januari 06, 2018


Malam sebelum tidur memang salah satu waktu yang pas banget untuk read aloud together.
Sambil membaca, berkisah, sekaligus menjelaskan nilai-nilai yang ingin anak kita pahami.
Malam ini ummi dan Bayi Imut membaca buku "Berbuat Baik".
Sebenarnya ini lebih tepatnya buku mewarnai. Tapi ada halaman contoh yang juga ada cerita singkatnya.
Singkat sekali tulisan (narasi) -nya. Lebih menonjolkan gambar.
Namanya juga buku mewarnai :D
Tapi dari satu halaman saja kita bisa bercerita banyak untuk anak.
Seperti malam ini, saya membaca dan bercerita dari satu halaman ke halaman dengan cerita yang saya kembangkan sendiri.
Dimulai dengan membaca basmalah bersama.
Kami membacanya bersama-sama sambil menunjuk tulisannya. (Kebetulan di buku ini ada tulisan basmalahnya).

Halaman pertaman adalah menyiram tanaman.
Ceritanya saya kembangkan lagi dengan cerita versi kami.
Saya tidak hanya sekali membacakan cerita ini untuknya.
Kadang cerita yang saya sampaikan berbeda di lain waktu.
Dan sering saya melontarkan pertanyaan-pertanyaan di antara cerita kami.
Kali ini saya membuat cerita tentang bayi imut yang sedang menyiram bunga.
Supaya bunganya sehat, segar, kuat, dll.
Dan agar disayang Allaah karena sudah merawat tanaman.
Tentu saja dengan bahasa si Bayi Imut.
Begitu juga dengan memberi makan ayam.
Saya bercerita tentang ayam, ada berapa ekor ayam, berapa anak aya, warnanya.
Juga bercerita tentang ayam yang lapar, makanan ayam, dll.
Lalu diakhiri dengan menyampaikan bahwa jika kita menyayangi hewan, nanti Allaah akan menyayangi kita.
 
Saya awali halaman ini dengan pertanyaan "Itu kakak sedang apa, nak ?".
Lalu bayi imut menjawab, "Itu kakak lagi buang sampah".
"Di...?"
"Tempat sampah".
AlhamduliLLaah dia paham tentang per-sampahan. Dan sudah terbiasa membuang sampah di tempah sampah.
Saya kembangkan lagi ceritanya, lalu saya sampaikan padanya bahwa Allaah tidak suka kotor-kotor.
Dan ketika saya menyampaikan sesuatu, hampir selalu saya memintanya menyebutkan ulang apa yang tadi saya sampaikan.
 
Kalau yang ini, kami bercerita tentang Bayi Imut yang sedang membantu Abi.
Hihii..
Dan cerita berkembang kemana-mana, lalu saya mengatakan bahwa nanti Allaah sayang kepada nya karena sudah membantu Abi. Dan nanti Abi juga sayang kepadanya, dan Ummi juga.
Selalu ada nama Allaah yang diselipkan di setiap cerita.
Agar dia terbiasa dan menjadi dekat dengan Allaah dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya ketika dalam urusan ibadah.
Bukankah seluruh hidup kita adalah untuk ibadah..


#tantangan_hari_ke3
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa 

You Might Also Like

0 komentar