Siapa yang Menciptakan ? - Game 3 Day 2

Jumat, Januari 05, 2018

 Malam ini, kita membaca buku bersama.
AlhamduliLLaah menjelang usia tiga tahun, Bayi Imut sudah mau dibacakan buku oleh Ummi.
Sebelumnya, sama sekali tidak mau. Jadi ketika dia pegang buku, maunya dia baca sendiri.
Padahal mah belum tau ABC. Jadi dia membaca buku versi ceritanya sendiri berdasarkan gambar yang ada di buku.
Hihii..
Nah, malam ini, saya membacakan buku "Mengenal Allaah".
Bukunya sederhana. Pertama kali lihat gambar buku ini, langsung saya masukkan ke wishlist. Dan ternyata memang bagus.
Gambarnya mayoritas abstrak yang saya sendiri sebenarnya ga begitu tertarik.
Tapi ini menjadi alat peraga yang ampuh ketika kita (saya dan anak) membaca bersama.

 Di awal buku, ada beberapa halaman yang menggambarkan keindahan dan kenikmatan.
Di situ saya menanyakan pertanyaan yang memancing.
"Tuh, ada bebek. Siapa yang bikin bebek ?"
”Allaah“
"Kalo yang bikin kelinci, siapa ?"
”Allaah“
Begitu pula pada gambar awan, air, pohon, matahari, bulan, bintang dan seterusnya.
Saya menunjukkan jari pada gambar nya, menyebutkan namanya, menjelaskan spesifikasi dari gambar tersebut (Misal : ini pohon, ada daun batang akarnya, warna daunnya hijau, tumbuh di tanah, dll), sambil bertanya siapa yang menciptakan.
Menguatkan bonding dengan Allaah di alam bawah sadarnya.
Dan aspek kognitif nya sudah pasti dapet.
Ini baru satu kegiatan, dimana ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan dalam sehari. Yang dalam setiap kegiatan itu, kita selalu punya kesempatan untuk memancing kedekatan anak pada Allaah.
MasyaaAllaah.
Memang betul di usia ini, anak benar-benar berfikir abstrak.
Saya tidak perlu menjelaskan Allaah itu seperti apa, dimana dan semacamnya, tapi dia entah bagaimana paham dan percaya.
AlhamduliLLaah masih berkesempatan mengoptimalkan masa emas ini.
 Usai saya bacakan buku, dia masih lanjut membaca buku sendiri.
Karena dia sudah sering kami (saya dan suami) bacakan buku ini, MasyaaAllaah dia ingat sekali cerita yang pernah dia dengar dari kami dan mengulang cerita itu ketika sedang akting membaca buku ini.
Seperti ketika dia membaca halaman ini, dia bercerita ketika kita tidak sholat, nanti akan ada api yang panas sekali.
Hihii.. Masih belum sempurna cara kami. Masih harus banyak-banyak belajar terus.

#tantangan_hari_ke2
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

You Might Also Like

0 komentar