Mind Decluttering #2

Jumat, Januari 31, 2020



Saya masih ingat ketika ujian semester saat SMP, seorang teman melemparkan catatan kecil saya sambil mengatakan, "Rin, nih contekan mu". Dan itu dilihat oleh beberapa teman.

Saya speechless.

Hanya bisa menangkap catatan kecil itu dan tidak bisa berpikir untuk beberapa saat.

Lipatan kertas itu adalah ringkasan materi yang saya buat untuk murojaah sebelum ujian. Lalu seorang teman meminjamnya. Lalu tiba-tiba lipatan kertas itu ada pada teman saya ini, yang menyebut itu sebagai contekan saya.

Entah apa yang ada di pikiran teman saya itu..

Sudah menjadi kebiasaan saya untuk merangkum dan mencatat ulang materi dalam bentuk singkat di sebuah kertas kecil.
Atau kertas HVS yang dipotong atau dilipat kecil.

Lalu saya tulis dengan tulisan kecil.

Saya suka segala sesuatu yang ringkas.

Apalagi dengan ukuran yang kecil, bisa dibawa dan dibaca di manapun.

Bukan untuk contekan!

Memang salah satu cara belajar saya seperti ini.

Tapi saya tidak komentar, tidak menyangkal, diam.

Tidak tahu harus bilang apa. Bodo amat.

Walau sebenarnya hati ini terluka.

Reputasi ku seperti tumbang, atau hancur.

Ah, aku tidak peduli apa yang dipikirkan orang.
Yang penting aku jujur, pada diri sendiri, pada siapapun.

Hingga waktu membuktikan.

Aku adalah aku.

---

Alhamdulillaah, uneg-uneg sudah tercurahkan.

Ya ampun, setelah ditengok ke belakang, ternyata sudah lama sekali kejadiannya.

Belasan tahun lalu.

Dan ternyata selama itu pula aku membawa-bawa beban ini kemana-mana.

Huuffff...

Declutter my mind. What about you?

You Might Also Like

0 komentar