Jurnal #4 Bunda Cekatan IIP : Ibu Bahagia dan Produktif

Selasa, Januari 14, 2020



Sepekan di kelas Bunda Cekatan ini, hal yang sangat sulit bagi saya adalah memilih mana kegiatan yang paling membahagiakan.

Karena saya tipikal orang yang cukup tau diri, hehee, maksudnya paham diri ini suka apa dan harus apa, jadi saya hampir tidak pernah melakukan sesuatu karena faktor eksternal.
Biasanya saya melakukan apapun karena saya tahu saya mau melakukannya.

Misalnya, ketika saya cuci piring dan menyapu lantai, itu karena saya suka, bukan karena saya harus. Atau ketika saya belajar design dan fotografi, ya karena saya suka, bukan karena sedang tren atau ikut-ikutan.

Jadi, bisa saya bilang, apapun yang saya lakukan sehari-hari alhamdulillaah membuat saya bahagia. Alhasil, saya mumets ketika diminta menyebutkan hanya beberapa hal yang membuat saya bahagia. Hihii..

Iya, alhamdulillaah, I'm living my dream.
Meskipun mungkin orang melihat hidup kami kurang ini atau kurang itu, tapi nyatanya saya merasa menghidupkan mimpi. Alhamdulillaah alhamdulillaah..

Bhaiquelahh.. kembali ke tugas.

Sejujurnya saya tuh bingung ketika awal mendapatkan tugas buat bikin mind map.
Soalnya di jurnal sebelumnya pun saya sudah pakai konsep mind map. Lalu apa lagi dong yang mau dipetakan..

Akhirnya saya baca ulang, lagi dan lagi.

Lalu saya mendapati bahwa TERNYATA jurnal pertama hingga ke-tiga ini merupakan sebuah rangkaian.

Jadi sebenarnya kita tuh ngga perlu pusing-pusing ngerjain tugas. Tinggal dirangkai aja tuh tugas-tugas pekan sebelumnya. Hihii..

Nah, lalu saya ingin mengangkat topik Teaching Aids Making, tapi ini rasanya kurang greget, karena memang sehari-hari menekuni ini.
Begitupun dengan topik Design, sudah menjadi kebutuhan seperti halnya makan.

Lhoh, makan berarti karena butuh dong ?
Yas, butuh! Tapi kan kita bisa pilih menu yang kita suka, syukur-syukur sehat dan bergizi tinggi, ya kannn...

Balik lagi ke tugas.

Jadi saya mau mengangkat topik yang dulu jadi mimpi kecil saya, ditambah kegiatan harian yang membahagiakan, lalu disisipi manajemen yang baik.

Apakah itu ?



Tadaa.. dari Jurnal 3. Hehee...

*Klik gambar untuk tampilan yang jelas

Kali ini saya hanya akan fokus ke 4 topik utama : Fotografi, Blogging, Tidy up, Perpus Online.

Kemudian kita tentukan program dan tujuannya. Hmmm.. mari mikir dulu..

Kita lanjutkan lagi yuk..

Project kali akan saya namai PROJECT 20




Dengan harapan menjadi ibu SAHM¹ yang disiplin, produktif dan bahagia.



Begini kira-kira mind mappingnya.






(Lagi digambar, maklum yess, nyambi ng-Asi. Update : alhamdulillaah beres)

Kenapa bukan tentang wanita sholiha ?
Harus itu mah, setiap detail hidup harus diusahakan menjadi sholiha. Tidak bisa dipisahkan dengan hal apapun.

Kenapa bukan topik pendidikan anak ?
Kebetulan kami homeschooling, jadi apapun yang saya dan suami saya lakukan, juga merupakan bahan belajarnya anak-anak.
Saya masak, anak juga auto belajar masak. Saya beres-beres, anak pun auto belajar beres-beres. Dan seterusnya.
Selain itu saya menerapkan self-directed learner, jadi bukan yang ibu ngajarin abcd 123 all the time. Alhamdulillaah it's extremely helping, both for me and for my babies.

Balik lagi ke tugas.

Jadi yang ada di Mind Map merupakan project yang ingin saya asah dan saya kembangkan beberapa waktu ke depan.




Bisa saja tahun-tahun kedepan saya membuat project lainnya. Aamiin..






You Might Also Like

0 komentar