Diswhapp Kontrasepsi Berencana (KB)

Rabu, Oktober 11, 2017


Resume Diswhapp Kontrasepsi Berencana (KB)
Hari : Rabu
Tanggal : 11 Oktober 2017
Pukul : 15.30
Narasumber : Bidan Mully Wida
Moderator : Rini Ummu Kafa
Peresume : Rini Ummu Kafa
-----
Materi Pengantar
-----
🌷 Kontrasepsi yang Aman bagi Wanita 🌷
Bismillah,,,
Kontrasepsi Berencana ( KB ) adalah salah satu usaha pelayanan kesehatan preventif bagi wanita yang mendasar dan utama. Begitu banyak metode KB yang tersedia namun tidak sedikit para ibu mengalami problematika saat harus menentukan Metode KB apa yang cocok untuk dirinya. Maka dari itu ilmu yang cukup, dukungan suami dan peran tenaga ahli kesehatan penting untuk membantu ibu untuk menentukan pilihan dalam mengambil keputusan metode KB apa yang akan digunakan.
Ragam Kontrasepsi
1. Kontrasepsi Hormonal
2. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim
3. Kontrasepsi Mantap
4. Metode Penghalang
5. Metode Keluarga Berencana Alamiah

🌾*Kontrasepsi Hormonal*
Ada 3 jenis kontrasepsi hormonal, yaitu dlm bentuk pil, suntik dan implant. Masing masing kontrasepsi tersebut mngandung hormon, baik dalam bentuk kombinasi atau pun hormon tunggal.
*PIL*
🍁Ibu tidak dianjurkan memakain pil, jika : meronok dan berusian > 35 thn, memiliki TD tinggi, baru 3mggu Melahirkn, mnyusui< 6 bulan ( khusus untuk busui ad pil kb mnyusui ) mungkin hamil dan memiliki kondisi kesehatan ttt.
🍁Tidak banyak yang mengalami dan biasanya efek samping hilang setelah bbrp bulan. Yang paling umum : mual, sakit kepala ringan, payudara nyeri, bercak atau flek diantara masa haid, berat bdana sdkit naik/turun.
*SUNTIK*
🍁sebagian besar ibu bisa memakai suntik KB secara aman, biasanya tidak bileh jika :

Menyusui < 3 mggu ( suntik 3bln )
Menyusui < 6 bulan ( suntin 1 bulan )
Merokok dan berusia >35 tahun
Mempunyai tekanan darah tinggi
Memiliki kondisi kesehatan ttt
🍁Kemungkinan efek samping yang dialami tidak berbahaya, yang sangat umum terjadi perubahan haid bulanan, dan perubahan berat badan. Keluhan yang jarang terjadi sakit kepala ringan, mual, jerawat, dan nyeri payudara.

🌾*Alat Kontrasepsi Dalam Rahim atau IUD*
Adalah alat kontrasepsi yang terbuat dari plastik yang fleksibel yang penggunaannya dipasangkan ke dalam rahim.
AKDR terdiri dari 2 macam :
1. AKDR yang melepaskan progesterone
2. AKDR yang melepaskan tembaga
Yang Tidak Bisa Memakai AKDR, jika ;
Kemungkinan Hamil
Baru saja melahirkan
Memiliki resiko IMS
Infeksi atau masalah dengan organ kewanitaan
Kemungkinan efek samping, sebagian besar efek samping tidak berbahaya. Setelah pemasangan biasanya terjadi kram bbrp hari, terdapat flek dlm bbrp minggu. Efek samping umum lainnya haid lebih lama dan lebih banyak, bercak atau flek diantara masa haid dan terjadi kram atau nyeri selama haid.
🌾*Kontrasepsi Mantap*
Atau sering disebut dengan sterilisasi merupakan cara mencegah kehamilan yang sifatnya permanen. Rahim tidak diangkat sehingga ibu masih mengalami haid.
_tubektomi_
Adalah metode KB dengan cara pembedahan dilakukan oleh tenaga dokter dengancara memotong, mengikat atau menyumbat saluran telur dari ovarium ke rahim.
🌾*Metode Penghalang ( Barrier )*
Merupakan satu - satu nya Kontrasepsi yang mempunyai peran ganda, pencegah kehamilan dan pencegah tertular IMS. Termasuk ke dalam kontrasepsi penghalang adalah : kondom, diafragma dan spermisida.
🌾*Metode Keluarga Berencana Alamiah ( KBA )*
Merupakan metode KB dengan cara-cara alami. Metode ini memerlukan disiplin yang tinggi dan tidak disarankan, terutama untuk perempuan dengan siklus haid yang tidak teratur. Macam KBA :
1. Metode Amenore Laktasi ( MAL )
2. Sistem Kalender dan metode suhu basal
3. Metode lendir serviks.
(Mully Wida)
-----
Pertanyaan & Diskusi
-----

1. Nama : Fida
Pertanyaan : Jika pasang iud,stiap periode brp lama hrs kontrol? adakah hal2 yg hrs dilakukan u/mhindari iud bergeser?mengingat ada bbrp kasus pake iud tpi ttp hamil (selain krn takdir Allah)
Bu Bid :
Assalamualaikm mba fida shalehah salam kenal,,setelah pemasangan IUD dianjurkan untuk kontrol dalam 3-6 mggu atau setelah haid berikutnya,,setelah itu boleh setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali untuk kontrol IUD ,,belum ad evidence base nya mba hal2 yg bisa menghindari iud bergeser,,mungkin saran dari saya rajin kontrol aj setiap 6 bulan sekali agar terhindar dari translokasi iud.
-----
2. Nama : nia
Pertanyaan : saya melahirkan anak ke 3 dgn riwayat kista,sejak usia kandungan 4bln kistanya hilang,,setelah melahirkan nifas sy byk sampai ada gumpalan besar",,setelah nifas selesai sy nunggu 1x haid cm 3hr,,trs sy KB suntik 3bulan,,asi lancar(alhamdulillah)
Sekarng sdh 2thn3bln tdk dapat haid,,byk yg sy rasa seperti skt pinggang dan sakit ketika berhubungan tp sy tdk pernah memeriksakannya.bulan ini jdw KB tapi sy tdk suntik,maksudnya sy mau dtg haid dulu
Bgmn cara menghilangkan pengaruh KB supaya cepat haid?
Bu Bid :
Assalamualaikm mba nia shalehah,,
Saya pernah punya pengalaman psien seperti mba,,,waktu itu saya sarankn untuk berhenti tidak suntik KB dlu dan memakai kondom untuk sementara sampai haid nya kembali,,alhamdulillah stlh 3 bulan haid kembali lancar mba dan keluhan hilang,,jadi butuh waktu untuk mengembalikan keseimbangan hormon mba,,kalo saran saya ke mba nia sama seperti pasien saya sblmnya stop dlu KB nya untuk bbrp waktu smpai haidnya kembali sementara beri pengertian baik2 ke suami untuk pemakaian kondom kecuali memang ingin menambah momongan,,smoga jwbnnya memuaskn kalo blum wapri saya boleh mba..
-----
3. Nama : Rini
Pertanyaan : Perubahan haid banyak dialami saat pasang kontrasepsi ya bu bid ?
normal begitu ya ?
Bu Bid :
Iya neng rini aplg klo yg dipakai kontrasepsi hormonal,,
Mengganggu sistem hormon didlm tubuh sehingga menyebabkn perubahan haid perubahan bb,,dll..
-----
4. Nama : Nurul
Pertanyaan : Mengenai tubektomi, apakH bsa dilakukan thd pria?
mana yg memiliki efek samping yg lbih kecil, apakah pd pria atau wanita?
Efek samping apakah yg terjadi bagi pria maupun wanita setelah tubektomi?
Bu Bid :
Assalamualaikm mba nurul shalehah,,
Pembendahan Kontrasepsi yg dilakukan untuk laki-laki namanya vasektomi.
Sebenarnya dua2 nya sama2 memiliki efek samping masing2 dari pembedahan yg dilakukan seperti demam, nyeri bengkak merah pd luka, tapi sangat jarang terjadi. Nah seandainya vasektomi gagal tidak mengebabkn hal yang menbahayakn buat si bapak sdgkn bila tubektomi gagal lalu si ibu hamil ad kemungkinan walaupun kecil terjadi kehamilan ektopik atau kehamilan diluar kandungn.
-----
5. Nama: Asia
Pertanyaan: mohon penjelasan lebih lanjut mengenai metode lendir serviks? Apa ada kaitannya dengan konsumsi makanan tertentu (ex:nanas, mentimun)
Syukron, jazakumullooh..
Bu Bid :
Assalamualaikm mba asia shalehah,,
Metode lendir serviks adlh pemeriksaan cairan yang keluar dari kemaluan kita untuk mengetahui apakah kita sdg masa subur atau tidak,,biasa nya wanita suka mengeluarkn cairan putih/lendir putih yg tidak terputus (jadi kayak ingus gtu bisa memanjang) nah kalo cairan itu keluar berarti wanuta tsb sdg dalam masa subur.. Tidak ada hubungannya mba dengan makan nanas atau ketimun itu hanya mitos
Smoga jawabannya memuaskn
Waiyyaki
-----
6. Nama : Ai
Pertanyaan : Sebaiknya menggunakan salah satu jenis KB maksimal berapa lama? Misal sekarang sudah merasa cocok dengan KB suntik 1bulan an karena masih haid dan bb cenderung stabil, apakah setelah 2th penggunakan mesti ganti jenis KB ke pil atau inplant? Karena sudah merasa nyaman di saatu jenis.. Tidak ada resiko ternetentu kan jika menggunakan salah satu jenis KB saja secera terus menerus?
Bu Bid :
Assalamualaikm teh ai shalehah,,
Enggak ada batas maksimal sebenernya penggunaan KB selama metode yg dipakai sesuai dengan kebutuhan dan kondisi akseptor nya teh,,Misalnya, pasien A usia 30 thn awalnya pake KB suntik ga ada masalah kesehatan cocok2 aja, eh Tiba2 dia punya hipertensi di usia 40 misalnya, nah itu baru disarankan ganti metode KB yg ga membahayakan kondisi kesehatan nya. Pake non hormonal. Karena metode KB itu "sesuai dengan kebutuhan dan kondisi akseptornya"
-----
7. Nama : dila
Pertanyaan : sy pernah pake iud 1 thn habis it kena anemia karena setiap haid banyak bgt, akhirnya sy cabut iud nya. Ganti pakai pik kb (yasmin) eh malah haidnya 1 bulan 2 x. Sy berhenti karena takut jd berobat di kasih obat penormal hormon protyra. Habis itu pake kb alami. Tp kebobolan, sekarang sedang mengandung.
Sy tidak di sarankan pake kb suntik karena bb sy di atas rata rata. Nah gmn caranya biar kita tau kb yg cocok? Mksh.
Bu Bid :
Assalamualaikm mba dilla shalehah,,saya blm bs menjawab pertanyaan mba,,sblmnya maaf mba dilla usia brp skrg?anak ud brp?usia suami?usia anak dan jenis kelamin anak ?terima kasih sblmnya.
Kondisi akseptor mksdnya kondisi pengguna kb ya..
Nnti mba dilla bisa japri saya ya..
-----
8. Nama : Reni
Pertanyaan : Nanaua donk bu bidan,
KB kalendender itu gimana cara ngitungnya,ga mudeng2 uda pnh diajari juga..
Misal haid tgl 15,nah itu gmn ngitung jgn HB (hubungan) nya?
Hatur nuhun utk penjelasanya bu budan geulis..
9. Nama : Ika
Pertanyaan : Kiat KB Kalender agar pembuahan tidak terjadi, bagaimana?
Terimakasih banyak bun atas jawabannya sebelumnya
Bu Bid :
Assalamualaikm teh reni dan teh ika yg shalehah,,jawabannya aku jd satu ya krna nyambung materi nya,,jadi gini teh sbnernya metode ini akan lbh efektif kalo kita observasi dahulu siklus haid kita itu brp hari selama 12bula ,26 kah?27? Atau malah smpe 29 hari bahkan lbh,, rumusnya mah masa subur = ( siklus terpanjang - 11 ) dan ( siklus terpendek -18 )
Jadi masa suburnya dihari ke sekian smpe hari ke sekian,,,naahh aku diajarin sm guru trik mudahnya misalnya haid tgl 15 sperti yg dikatakan teh reni nah masa sburnya 14 hari dari tgl 15 berarti tgl 29 tapi dikarenakan siklus haid kita maju mundur cantik diperkirakan masa suburnya dari tanggal 27-31 nah diantara tgl itu masa subur terjadi,,kalo yg tdk mau terjadi proses pembuahan tgl segtu kl bisa dihindari berhubungan,,
-----
10. Nama : Hani Irawati
Pertanyaan : saya termasuk orang yang tidak begitu cocok dengan kb, sudah saya coba kb suntik, pil tapi belum ada yang cocok, yang saya ingin tanyain apakah untuk memasang kb IUD ada perlakuan khusus seperti misal di cek dulu bagian vaginanya atau semua orang bisa menggunakan.
Terima kasih
Assalamualaikm teh hani shalehah ,,
Belum cocokny seperti ap keluhannya teh?sdh dicoba selama brp lama memakai kb suntik dan pil nya??punten sblmny skrg tth usia brp?anak sdh brp?usia nya brp?sdh dpt sepasang blm?
Pemakaian iud sbnernya tidak ad perlakuan khusus teh,,hanya saja bagi yang mempunyai masalah infeksi pada bagian kewanitaan sperti radang panggil,ims, infeksi stlh melahirkn atau kegugurN, kanker atau tb panggul tidak disarankn menggunakan metode kb ini.
-----
11. Nama: Resti Agustina
Pertanyaan : Sy pke iud cincin atau ring yg dpasang dbandung..
Ap btul ya tdk ush gnti iud nya.
Sy sudh pke 5 thn.
Alhmdl tdk ad keluhn.
Mkasih mba.
Bu Bid :
Assaamualaikm teh resti shalehah,,
Sebaiknya iud jenis apapun dlm 5 tahun diganti mba resti krna dari pengalaman saya klo sdh terlalu lama pencabutan iud agak lbh sulit,,
-----
12. Nama : Nurfiah
Pertanyaan : Mba maaf saya mau nanya,
sebelum nikah setiap haid saya pasti sakit
Setelah nikah jg msh sakit
Awal punya anak sampe anak umur 2thn haidny g sakit krn keluarny sedikit.
setelah 2 thn itu kembali normal lg setiap haid pasti sakit.
haid hari pertama dan ke dua.
Ohy saya g ikut KB semenjak awal nikah.
Bu Bid :
Nyeri haidnya gimana mba nurfiah?apakah smpe mmbuat mba nurfiah pingsan atau amat sangat mengganggu aktifitas sehari2 ?kalo iya saya sarankn untuk diperiksakan ke dokter kndungan,,ditakutkn terjadi endometriosis tp seandainya nyeri masih bisa ditahan dan tdk terlalu mengganggu aktifitas nyeri saat haid itu bs dibilang normal krna proses kontraksi uterus untuk meluruhkn dinding rahim.
-----
13. Nama : Dhani
Pertanyaan :
Kalo usia udah 37 apakah sdh ada perubahan hormonal?saya 37 th blm pernah kb.selama ini hanya kombinasi kalender dan kondom.cuman kdg2 haid suka mundur kalo saya srg kurang tidur.apa itu ngaruh ke hormon?soalnya kyknya dulu2 ga gitu.
Bu Bid :
Kalo haid yg suka mundur masih dianggap normal bu bukan krna perubahan hormon,,perubahan hormon yg dimksd mengganggu jaid adlh frekuensi siklus haid yg lbh daei 35 hari,,misal 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali,,atau perubahan bnyak nya darah haid yg hanya flek saja atau bnyak darahnya smpai berkali kali ganti pembalut.
-----
14. Pertanyaan : rida
Anak saya udah berumur 16 Bulan tapi saya smpe sekrng blum pasang KB, rencana skrng ini mau rencana KB suntik, pertanyaannya apa tidak apa jika pasang KB suntik dengan tensi rendah dan berat badan sekitar 42 kg?
Bu Bid :
Gpp mba rida yg tidak diperbolehkan kb suntik yg memilik tekanan darah tinggi kalo mba rida tekanan darah rendah gpp..
-----
Penutup
-----
Bu Bid :
Alhamdulillah smoga ilmu nya bermanfaat,,
Yg mau konsultasi ttg perbidanan monggo diantos 24 hour khusus buat anggota iip..
Nuhun mba ummi dan semua team online,,,
Sgtu aj mba momod shalehah,,
Terima kasih
-----
MasyaaAllaah spesial buat IIP
Bu Bid kesayangan pokoknya
Sekian ya bunda soliha cantik kece..
Mohon maaf atas segala kekurangan saya dalam memandu diskusi sore ini..
Mudah2 memberi kita banyak pengetahuan baru untuk memantapkan diri menjadi ibu yg profesional
Mohon maaf dan terimakasih banyak kepada teman2 semua
Assalamu'alaykunna warahmatuLLaahi wa barokatuh
saya mohon undur diri

You Might Also Like

0 komentar