Me Time Untuk Seorang Ibu Introvert

Jumat, April 17, 2020


Selalu menarik setiap kali membahas tentang introvert personality. Rasanya tidak ada habisnya.

Taukah teman-teman, yang sangat membedakan orang introvert dan ekstrovert adalah bagaimana mereka me-recharge energi.

Orang ekstrover me-recharge energi dengan cara do something on public. Sedangkan orang introvert mendapatkan energi dari keheningan.

Hening ya, bukan sepi, apalagi kesepian. Sementara keramaian —apapun jenis keramaiannya— akan sangat menguras energi para introvert.

Jadi, bisa dibayangkan bagaimana rasanya ketika menjadi seorang ibu introvert.

Apalagi seperti saya yang memiliki anak out load —maasyaa Allaah tabarakallaah—.

Maka, untuk menjaga kewarasan, salah satu tipsnya adalah menyediakan waktu untuk me time. Mojok sejenak seorang diri.

Kadang momen seperti ini bisa didapatkan ketika shalat. Tapi sering juga ketika shalat terdengar tangisan bayi, hehee..

Makanya tidak heran ketika saya medapati beberapa teman saya yang juga introvert ternyata mereka suka begadang atau bangun malam.

Sayapun awalnya tidak tahu kenapa saya suka begadang atau bangun tengah malam. Rasanya seneng aja. Rasanya powerful dan bersemangat.

Rasanya semua pekerjaan ingin saya bereskan saat malam.

Saat masih gadis dulu malah saya suka jalan-jalan saat malam. Kadang usai maghrib atau isya' baru keluar rumah. Kadang sekedar jalan kaki di trotoar. Atau jalan ke toko buku langganan.

Ketika baru menikah pun, saya sangat senang ketika pulang kerja malam hari kita jalan dulu keliling di sekitar kontrakan sekedar beli makan dan camilan.

Hingga sekarang pun saya masih menyukai aktivitas malam hari.

Meskipun kadang saya akan lebih pilih tidur karena kelelahan sepanjang siang.
Jika begini, biasa momen me time bisa didapatkan saat pagi hari dengan bangun lebih awal.
Lebih awal dari biasanya. Lebih awal dari anggota keluarga lainnya.

Kenali diri kata masing-masing, kenali tanggung jawab kita.

Dengan begitu, kita bisa menentukan apa yang kita butuhkan, kapan, dan bagaimana kita bisa memenuhinya.

Jangan lupa untuk selalu berdoa memohon taufik dan petunjuk dari Allah agar kita bisa memanage waktu dengan baik dan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Have a great time!

You Might Also Like

0 komentar