Membuat Bank Data untuk Portofolio Anak

Senin, Februari 10, 2020

Portofolio anak ibu profesional bunda cekatan


Selamat siang teman-teman..

Sambil menemani anak-anak, saya ingin menuliskan insight singkat yang saya dapat pekan ini di grup grup keluarga di kelas Bunda cekatan iip.

yang paling membuat mata berbinar adalah ketika saya mendapatkan contoh cara membuat input bank data untuk menyusun portofolio anak.

Apa itu bank data?
Bank data adalah kumpulan data-data dan dokumentasi anak-anak dari kegiatan sehari-hari.

Dari kumpulan dokumentasi tersebut nantinya kita bisa menyusun portofolio anak dengan spesifikasi masing-masing.
Bisa kita susun berdasarkan fitrah perkembangan atau berdasarkan ekspresi anak atau berdasarkan minat anak dan lain sebagainya.
Atau menyusun berbagai macam portofolio seperti asesmen portofolio atau learning portofolio dan yang lainnya.

Selain itu bank data ini sangat mudah diolah karena menggunakan Google spreadsheet.

Karena Google spreadsheet yang berfungsi sama dengan excel, nantinya ketika data yang kita kumpulkan sudah banyak, kita bisa mencari dokumen tertentu hanya dengan satu key word. Mudah bukan.

Cara menginput bank data kali ini kita menggunakan Google form.

Sebuah cara yang tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya. Dan cara ini termasuk cara yang sangat sangat mudah yang mana kita bisa menginput dokumentasi kapanpun dan dimanapun.

Berikut ini video contoh form input bank data yang saya dapat dari grup keluarga portofolio di kelas Bunda cekatan IIP.




Atau teman-temanbisa melihat sendiri pada form yang dibuat oleh salah satu mahasiswi Bunda Cekatan tersebut.

Klik disini ya

Form tersebut tidak harus selalu persis seperti itu ya tapi bisa kita custom sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Ada yang perlu tutorial membuat Google forms kah?
Jika iya, insyaaAllah lain kali saya akan membuatkan tutorial cara membuat Google Form.

Selamat menikmati semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar