Ngobras : Yessi Dwifitria

Rabu, Juli 19, 2017

 
 
 
 
Ngobras dengan Yessi Dwi Fitria
(Koordinator Pusat IIP)
 

Wah hoby nya membuat kerajinan tangan ya ?
Apakah memang sudah lama punya hoby itu?atau baru didalami setelah resign?
Sejak dulu mbak.
Saat bekerja, saya menyediakan waktu untuk membuat 1 craft sederhana yang bisa dimanfaatkan seperti mengubah kaleng bekas menjadi wadah barang, membuat kartu ucapan, dll.

Mba eci punya strategi khusus dalam mengajari anak dalam belajar-terutama anak usia SD?
Menggugah rasa ingin tahu dan melatih anak menemukan hubungan sebab-akibat.

Mba aku mau nanya..
Bagaimana mengatasi rasa "kehilangan" setelah berhenti dari pekerjaan..
Aku dulu ngajar, tapi tahun ini memutuskan resign dulu, tapi ko hati berasa kosong aja gitu, biasa rame sama anak anak sekolah.
Ingat kembali apa yang menjadi tujuan mbak resign kemudian rancang kegiatan apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Kaitkan dengan misi keluarga.

Uni, saya mau bertanya bagaimana caranya menjelaskan atau menyampaikan ke ortu bahwa kita akan fokus menjadi IRT dan meyakinkan beliau bahwa dengan kita resign semua akan baik baik saja?
Karena menurut Ibu saya, saya mendingan bekerja nabung bwt masa depan anak, karena biaya kebutuhan hidup dan pendidikan anak anak tidaklah murah. Butuh dana lebih jika kita ingin memasukkan sekolah yang bagus, misalnya Sekolah IT atau pondok.
Sedangkan di sisi lain suami berharap saya bisa menjadi IRT.
Kita dulu yang bersungguh sungguh dengan niat kita. Saat orang tua melihat kesungguhan dalam rencana kita, orang tua insya Allah lebih mudah menerima. Cari right time right place untuk menyampaikannya.

Setelah 11 tahun waktu yang cukup panjang, akhirnya memutuskan untuk resign itu bagaimana cerita nya mba?
sebelum resign apakah sudah merancang akan bagaimana.
Saya resign untuk membersamai anak-anak. Awalnya anak-anak bersama pengasuh dengan supervisi dari ibu saya. Kesininya anak-anak mulai mandiri dan bisa membantu pekerjaan di rumah.
Bude pengasuh pun kehilangan perannya.
Di sisi lain, ibu saya mengeluh karena tidak bisa lagi menjawab pertanyaan anak-anak. Saya dan suami pun sepakat saya tinggal di rumah untuk mendampingi anak-anak berkembang.
 
Pertanyaan anak2 apa mba?
sebelum resign sudah nyusun apa yg akan di lakukan selain membersamai anak2?
Pertanyaan anak-anak berkaitan dengan kejadian sehari-hari, misalnya kenapa cacing ada di pot bunga. Ini jawabannya bisa ke penjelasan peranan cacing dlm menggemburkan tanah, menjelaskan zat hara, mengingatkan syukur pada Allah.
Saat resign selain membersamai anak-anak, saya hendak mengejar passion saya yang tidak bisa dilakukan saat bekerja.
 
Passion apakah itu, boleh tau ?
Saya suka menulis dan ingin punya waktu untuk mengembangkan diri melalui tulisan.
 
Teman-teman yang baik...
Mhn maaf jika tidak semua terjawab.
Saya mohon pamit karena ada jadwal lain.
Semoga teman2 tetap semangat. ibu bekerja di ranah domestik atau publik, keduanya punya kesempatan sama dalam menjadi ibu profesional.
Keduanya punya posisi yang keren.
Silahkan menguatkan peran. Materi matrikulasi dan bunda sayang kelak insya Allah bisa menemani bunda semua dalam proses menjadi ibu yang lebih baik. Kuncinya ada di konsisten dan komitmen.
Saya mohon maaf untuk kekurangan saya. Semoga kelak jumpa lagi. Saya bisa ditemui di FB Yesi Dwifitria atau blog www.yesidwif.blogspot.com
Terimakasih untuk kebersamaan yang hangat ini.
Assalamualaikum wr.wb

You Might Also Like

0 komentar