Memperhatikan Kecenderungan Anak

Rabu, Februari 07, 2018

 

Hari ini saya memperhatikan lagi bagaimana Syaima mewarnai.

Sudah sejak lama saya memperhatikannya, tapi saya belum menemukan 'sesuatu'.
Dan belakangan ini baru saya menyadari satu hal.
Dia tidak rapi dalam mewarnai.

Bukan karena dia tidak bisa. Tapi karena memang dia seperti itu.
Dia tidak tertarik pada detail.

Dia mewarnai sesuka hati tanpa memperhatikan 'apa kata orang'.

Sering saya menemukan anak-anak yang suka sekali mewarnai.
Sampai banyak jenis buku mewarnai yang dijual di pasaran dari harga dua ribu rupiah sampe puluhan ribu.
Anak-anak itu mewarnai dengan antusias dan detail.
Tapi tidak dengan Syaima.

Saya perhatikan justru dia tidak begitu suka mewarnai.
Dan perkembangan kerapian nya dalam mewarnai pun tidak begitu signifikan.
Masih saja acak-acakan.
Setidaknya, sekarang sudah tidak melewati garis.

Padahal dia adalah fighter.
Sekali dia belajar (dalam banyak hal), lalu berlatih beberapa kali saja dia biasanya akan menunjukkan kemajuan memuaskan.
Tapi kenapa yang satu ini tidak ?
Saya terus bertanya.

Bahkan sampai saya beberapa kali membelikan krayon dan pensil warna.
Habis, beli, habis, beli.
Tapi masih kurang memuaskan juga.

Sampai saya secara khusus menyiapkan beraneka coloring sheets.
Dan meluangkan waktu untuk mewarnai bersama.
Yang ada malah saya yang mewarnai dan dia beralih memegang aktivitas lain.

Saya sempat mengkhawatirkan ini.
:D

Makin kesini, saya sadar.
Dia memang seperti itu.
Tidak ada yang salah dengan itu.

It's just not 'her-thing'.

Ingat lagi quote
“jangan meratakan lembah, tapi tinggikan gunung”.

 

 

 

#harike6
#tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KelasBunsayIIP

You Might Also Like

0 komentar