NHW #5 : Belajar Bagaimana Caranya Belajar

Senin, Juni 19, 2017



Parenting sesuai syari'ah adalah jurusan yang ingin saya dalami.
Karenanya, ada beberapa ilmu yang harus saya pelajari lebih spesifik.


Belajar Hal Berbeda
Menjadi seorang ibu pembelajar adalah passion utama saya.
Mungkin apa yang saya pelajari tidak jauh beda dengan apa yang dipelajari para ibu pembelajar lainnya.
Tapi, ada ilmu ilmu spesifik yang saya gali berdasarkan pemahaman saya tentang keunikan anak saya.
Seperti, bagaimana mengarahkan sifat highly sensitive nya menjadi highly empathy terhadap orang orang dan lingkungan di sekitarnya.
Dan karakter unik nya yang lain.

Cara Belajar yang Berbeda
Saya belajar bukan hanya dari buku, artikel atau seminar saja.
Tapi saya melihat dengan memperhatikan dan mempelajari apa yang terjadi di sekitar saya.
Dari sana, saya banyak mendapat ilmu ilmu dan pemahaman baru yang sangat berharga.

Semangat Belajar yang Berbeda
AlhamduliLLaah saya sudah memiliki semangat berbeda ini sejak SMA.
Sekarang, yang membuat semangat belajar saya selalu hidup bukan sekedar ingin anak saya pandai dalam poin akademis, tapi agar poin empati dan akhirat nya menjadi prioritas.
Saya juga ingin menularkan semangat belajar saya bahwa mempelajari segala sesuatu hakikatnya adalah untuk semakin mengagungkan dan mendekatkan kita kepada Sang Maha Pencipta.

Kafa Asy Syaima (3 Tahun)

Minat :
Diusianya ini, belum begitu terlihat passionnya.
Tapi saya bisa melihat dia sangat menyukai buku, memasak, berbicara dan bermain dokter berikut apa apa yang berkaitan dengan Rumah Sakit.

Tujuan / Cita Cita :
Tentu saja belum bisa saya perkirakan.
Tapi dia selalu berkata ingin menjadi dokter dan mengambil peran sebagai dokter yang memeriksa & memberi obat saat pretend play.

Passion :
Harus saya amati lebih lanjut.

Strategi Meninggikan Gunung
Dengan cara menambah koleksi buku buku nya, memberikan mainan yang sesuai dengan minatnya, mengajaknya memasak dan membaca buku bersama, dll.

Strategi Meratakan Lembah
Sejauh ini saya masih fokus, atau malah terlalu fokus menunjang minatnya.
Sehingga saya tidak begitu memperhatikan kelemahannya di bidang apa.
Kemungkinan kelemahannya ada di gross motor skill.
Karena, fine motor skill nya bagus, tapi dia ga 'pecicilan'.
Menjadi PR saya untuk mencari tau ketidak-mau-an nya di bidang apa.



You Might Also Like

0 komentar