Jurnal 4 Kelas Kupu-kupu Bunda Cekatan IIP

Selasa, Juni 16, 2020




Sebagai Mentor


Kami berdiskusi lagi dan memutuskan untuk mantap memilih fokus pada decluttering dan berbenah. Jadi kita skip dulu materi tentang minimalist living.

Pekan ini, saya mulai memberikan tantangan. Saya menyebutnya The 5 Days Challenge.

Hari ini adalah hari pertama dimulainya tantangan. Tantangan pada hari pertama adalah mengorek lagi apa alasan-alasan sehingga beliau ingin serius berbenah dan decluttering.

Ini sekaligus refleksi bagi saya sendiri. Meskipun sudah cukup lama rutin melakukan decluttering, bukan berarti rumah saya sudah terbebas dari clutter. Saya masih terus melakukan decluttering secara berkala setiap beberapa bulan sekali.

Saya pernah membaca di salah satu buku yang membahas tentang decluttering, bahwa setiap aktivitas yang kita lakukan menimbulkan clutter. Misalnya kita makan, akan ada piring kotor, mangkok sayur yang bergeser, kuah yang menetes berantakan, dan banyak lainnya.
Jadi, memang kita harus terus decluttering.




Sebagai Mentee


Tidak terlalu banyak hal pekan ini.entor menyapa dan bertanya tentang progres Tinylib. Juga meminta maaf karena masih sibuk dan agak mengabaikan saya.

Alhamdulillaah tidak masalah. Karena beliau adalah guru dan sedang fokus "rapotan" dan bersiap untuk resign.

Saya mengabarkan tentang akun Instagram yang sudah saya persiapkan untuk display buku koleksi di Tinylib.

Saya juga sedang mempertimbangkan untuk membuat blog baru  khusus untuk review buku. Tapi review di blog yang sekarang pun sebenarnya juga bisa sih.

Nah kan.. masih bingung..

Selanjutnya, sepertinya saya harus membuat versi cetak dari target timeline yang sudah saya buat sebelumnya. Supaya tidak terlupa atau teralihkan oleh kegiatan lain.

Karena mengurus calon perpustakaan ini benar-benar slow dan santai, mudah terdistraksi.

Oh iya, mentor saya juga mengajak untuk peer-mentoring saja. Sebab beliau merasa masih ingin belajar juga, terutama untuk urusan desain promosi perpus.

---

Oke, jadi pekan ini rencananya saya masih akan melanjutkan challenge untuk mentee dan mulai membuat daftar buku.

Sepertinya saya ingin mencari inspirasi dulu seperti apa dokumentasi yang ideal (dan cantik, hehee).

You Might Also Like

0 komentar