Cara Membuat Desain Poster Dakwah Sederhana di Smartphone

Rabu, Mei 06, 2020



Sejak awal bulan Ramadan ini, semangat design saya kembali bergejolak.

Terutama untuk membuat poster dakwah yang berisi ayat, hadits, atau quote dari para ahli ilmu.

Sudah cukup lama saya vacuum, tidak bermain dengan aneka design. Rasanya mulai rindu. Hihii


Aplikasi apa yang saya gunakan?


Saya menggunakan Photo Editor. Saya selalu pakai aplikasi ini untuk mengolah gambar. Kadang saya pakai Canva. Ada juga pixelLab.
Tapi favorit saya tetap Photo Editor.




Apa saja yang saya siapkan?


Pertama: Footer

Footer adalah id akun-akun sosial media kita.

Biasanya footer menggunakan icon dari sosial media terkait, lalu di sebelahnya dituliskan nama akun sosial media kita.

Saya mendapatkan icon-icon tersebut dari berbagai situs berbagi gambar png.

Atau teman-teman bisa mencarinya dengan keyword: facebook png, instagram png, dan seterusnya.

Setelah hasil pencarian muncul, kita harus klik gambarnya dan masuk ke situsnya untuk mengunduh langsung dari sumber aslinya.
Supaya kita mendapatkan gambar dengan resolusi tinggi.
Jangan mengunduh langsung dari hasil pencarian google.

Ingat selalu untuk mengecek lisensi gambar.

Pastikan gambar/icon yang kita download berlisensi COMMERCIAL USE.

Jika lisensinya hanya Personal Use maka TIDAK BOLEH digunakan untuk desain yang menghasilkan uang/berbayar.

Jika lisensinya Free With Attribution maka kita HARUS menyertakan link file tersebut pada design.

Ini penting ya teman-teman.

Karena berkaitan dengan halal-haramnya apa yang kita lakukan.








Lanjut.

Footer ini akan lebih bagus jika dibuat dalam format png seperti ini:






Ke-dua: Gambar Background

Gambar background biasanya saya dapat dari situs berbagi foto.

Favorit saya: Unsplash dan Pixabay.






Dari situs itu, saya bisa mendapatkan gambar berkualitas dari fotografer berkelas dan yang pasti beresolusi tinggi.

Selain itu, dua situs itu juga memberikan lisensi Commercial Use.

Aplikasi pixabay pernah saya review di sini.



Jadi bisa saya pakai jika saya ingin membuka jasa desain berbayar.

Kita juga bisa menggunakan foto hasil jepretan kita sendiri.


Ke-tiga: Menyiapkan tulisan


Tulisan bisa kita dapatkan dari mana saja.
Tapi pastikan ayatnya benar dan haditsnya shahih.
Jangan lupa untuk selalu menyertakan nama surat dan nomor ayat, atau perawi hadist dan nomor hadits nya.

Supaya mudah bagi orang lain jika ingin melacak ayat dan hadits tersebut.

Atau menyertakan nama ustadz/narasumber jika berupa quote.

Untuk hadist, kita bisa memakai aplikasi Ensiklopedi Hadist 9 Imam.




Untuk mencari ayat Al-Qur'an, kita bisa menggunakan mesin pencari ayat Learn Qur'an Tafsir, pernah saya review di sini.



Ke-empat: Mulai Mengolah Gambar


Sebenarnya kita bisa menggunakan aplikasi apa saja yang ada di smartphone kita.

Idealnya, ukuran poster adalah square atau persegi empat.
Atau lebih dikenal dengan 1:1.

Jika gambar background yang kita download tidak berukuran square, berarti harus kita crop (potong).





——


Nah, sampai di sini kita sudah bisa mengolah gambar dan mengemasnya menjadi sebuah poster dakwah untuk dibagikan kepada teman-teman di sosial media.

Ada beberapa tips design tambahan, tapi mungkin akan saya post di postingan lain. InsyaaAllaah.

Selamat berdakwah lewat desain!

Mari kita sebarkan pengingat dalam kebenaran.

💝


Jika teman-teman ingin belajar lebih detail, silahkan menghubungi saya di sini ya.


You Might Also Like

0 komentar