Jurnal Pekan 1 Tahap Kupu-kupu Bunda Cekatan

Kamis, Mei 07, 2020



Hai, salam kenal, saya Rini dari IP Karawang. Ibu dari dua gadis kecil yang saat ini memilih homeschool sebagai jalur pendidikan. Tapi saya bukan ingin berbagi tentang homeschooling, melainkan kegiatan favorit saya untuk me time di tengah keriuhan membersamai anak, yaitu desain grafis sederhana di smartphone dan nge-blog untuk pemula, serta gaya hidup minimalist living.
Saya bukan ahli, hanya praktisi yang mencintai kegiatan tersebut.
Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat dan membawa kebahagiaan.

Awalnya, inilah deskripsi yang saya tulis pada profil mentor di mentorship Facebook Group.

Yap. Kelas Bunda Cekatan di tahap Kupu-kupu ini ternyata ada program mentorship yang dipandu oleh Facebook.

Beberapa hari sudah saya membuat profil mentor, tapi tak kunjung ada mentee yang melamar.

Kemarin, akhirnya saya putuskan untuk bergerilya. Berburu topik yang saya sanggupi di area mentee. Dan ternyata tak cukup banyak yang memilih topik yang saya tawarkan. Dan dari sedikit mentee yang sesuai topik itu, semuanya sudah menemukan mentor.

Di sisi lain, saya pun belum menemukan mentor.
Saya ingin berguru tentang fotografi produk dan manajemen perpustakaan online. Ini sepertinya agak langka juga.

Kebanyakan mentor menawarkan teknik baca buku atau topik kepenulisan buku.

Tak berputus asa, saya terus scroll layar ke bawah untuk mencari mentor yang pas.
Alhamdulillaah, ketemulah dengan yang agak bersinggungan.
Yaitu tentang perpustakaan keluarga.

Baiklah, karena yang menawarkan fotografi produk pun tak ada, jadi saya mantap memutuskan pencarian mentor dan fokus ke topik per-buku-an.

Alhamdulillaah, yang menjadi mentor saya baik banget. Demi mengetahui saya masih berjibaku mencari mentee, beliau menawarkan bantuan untuk share info topik yang saya tawarkan.

Alhamdulillaah..

Beliau juga sharing tentang kehebohan di wilayah Sumut yang juga banyak yang belum mendapatkan mentee. Ternyata aku tak sendiri. Beliau juga menyemangati saya 💪🏻💝

Setelah mendapatkan mentor, alhamdulillaah rasanya plong. Tinggal fokus mencari mentee.

Saya berusaha lebih terekspos dengan post profil di kolom komentar Mba Ika Prat. Lalu kemudian saya juga post di status dan juga post di grup Sustainable Living.

Maafkan temans,
ijin promo ya.. hihii

butuh mentee ni..

Topik:
- Decluttering
- Minimalist living
- Design mudah dan menarik di HP
- Blog untuk pemula
- Membuat printable anak
- Handlettering

Barangkali ada jodoh di sini, ku tunggu dengan senang hati.
💓

Hahahaa..

Lucu. Eh tapi ternyata ada yang membalas lho.
Alhamdulillaah, akhirnya ketemu juga mentee buat sharing beberapa pekan ke depan.

Jadi sekarang status saya adalah sebagai mentor dengan satu partner dan sebagai mentee dengan satu partner.

Iya, perlu ditulis satu partner, karena ada yang berpartner dengan beberapa orang.





Banyak diantara teman-teman yang belum menemukan mentee. Dan ada juga yang mempunyai mentee lebih dari satu.

Program mentorship dari Facebook ini punya beberapa langkah.



Jadi, setiap harinya, usahakan untuk chat dengan partner walaupun hanya menyapa. 

Ohiya, sekarang saya masih di langkah satu dengan kedua partner saya.

Sebagai mentee untuk belajar manajemen per-buku-an.
Dan sebagai mentor, nah yang belum diputuskan mau belajar apa. Karena mentee saya menginginkan 5 dari 6 topik yang saya tawarkan. Hahaa..

Baiklah, sepertinya sepekan ini waktunya berkenalan lebih lanjut dan mengerucutkan topik belajar.

Bismillaah.

You Might Also Like

0 komentar