Jurnal Pekan 2 Kupu-kupu Bunda Cekatan IIP

Rabu, Mei 13, 2020

Memasuki pekan ke-dua tahap Kupu-kupu di perkuliahan Bunda Cekatan, tugas kami adalah self assessment. Assessment sebagai mentor dan sebagai mentee.

Berikut ini obrolan saya dengan mentee dan mentor.

Saya Sebagai Mentor


Partner mentee saya memilih untuk fokus pada decluttering untuk menuju minimalist living.

Berikut ini beberapa obrolan dengan mentee.

Mentee:
Kalau boleh jujur... 
Beres2 rumah itu termasuk kategori tidak suka dan bisa... ngerjainnya suka nunggu mood...
Kalau nyapu mah tiap hari bisa ... sering bgt..dikit2 brntakan, beres2 rumah pekerjaan yg ga selesai2...baru diberesin ga ada stgh jam dah berantakan lagi.
Maklum krucil2 yg aktif2 semua.
Dah ga ada yg bantuan lagi...jadi semua ta kerjain sendiri.
Oya...sya itu suka ngumpulin barang2... klo orang mah udah dibuang tuh barang...
Ntr biasanya barang yg sya kumpulin suka buat maenan anak... tp akhirnya ujung2nya rumah berantakan n berujung ke tempat sampah ...

Saya:
Sama Mba, saya juga ngurus rumah sendiri, tanpa ART..
MaasyaaAllaah
Btw, saya juga masih ngontrak.
Jadi, minimalist living ini gaya hidup yang sangat mendukung. Hehee..
Dan minimalist living ini berkaitan erat dengan decluttering ketika kita baru memulai..
Ini karena kebiasaan orang pada umumnya memang kolektor..
Saya sudah mulai decluttering sejak masih gadis, tapi dulu ngga tau kalau namanya decluttering, hehee..
Mba pernah baca buku atau web atau ikut kelas berbenah kah?

Mentee:
Pengennya saya minimalist mba...tp suka sayang buang barang... kadang suka beli printilan2 yg akhirnya ga pake...
Makanya skrg mo coba beli sesuai kebutuhan .. 
Belum..mba...
Sekilas tau tentang konmari...tapi spertinya konmari tingkatannya lebih tinggi...
Hrsnya declutter dlu ya mba

Saya:
Kalau konmari lebih ke penataan barang.
Kalau minimalist living lebih ke life style,
selain menyederhanakan barang, juga (menyederhanakan) cara berpikir dan urusan lainnya.
Lebih ke mindful living.
Yang saya suka dari minimalist living itu karena saya sebagai muslim sudah seharusnya "auto" minimalis living.
Hehee..
Saya pernah baca siroh ketika Abu Bakar 'alaihssalam meninggal, beliau hanya meninggalkan sebuah tongkat.
Agak nyambung ke sini alasannya 👆🏻
Boleh baca-baca dulu Mba, barangkali ada insight. Hehee
💝

Mentee:
Semalam sdikit2 dah coba misahin baju anak2 yg ga kepake, yg kekecilan. tp baru sebagian kecil...
Itu aja dah dpt skeresek...gede.
Tinggal milah mana yg bagus & yg ga...
Yg jelek ta...buat kain pel biasanya trs tinggal buang... tapi apa itu jd ngerusak lingkungan ya..
Tapi terus terang anak ke  2 n ke 3 beli baju nya klo bener2 butuh... bnykan dr lungsuran kakanya yg pertama...
Didukung jg sm anakku yg terakhir...perempuan, senengnya pake baju abangnya... seneng pke baju gombrong2.
Kalau ini agak susah jg...krn anak bentar2 baju sering kotor, + nyuci pke mesin cuci bikin baju terutama kaos n daleman jdi melar n lama2 koyak..
---

Masalah seperti ini sering kali ditemui oleh kebanyakan dari kita. Saya pun (dulu) pernah merasakannya. Decluttering memang sangat menantang.

Goal Mentee: Decluttering


Saya Sebagai Mentee



Saya berinisiatif membuat self assessment dan memperkirakan goal yang saya inginkan.

Saya:

Mba, pekan ini tugas kita assessment ya?

Aku mau share sedikit tentang per-buku-an ku ya..

Jadi, saya membuat sebuah proyek dengan nama Projects 2.0 di jurnal ke-4 kelas Ulat-ulat.
Salah satu proyeknya adalah Perpustakaan Online.

Jadi, saya ingin beberapa buku yang saya miliki tidak nganggur saja setelah selesai saya baca. Saya ingin membuka perpustakaan, tapi untuk membuka perpus offline masih belum sanggup karena kondisi lingkungan, rumah dan waktu. Jalan lain yang ingin saya tempuh adalah melalui peminjaman online secara gratis.

Nah, untuk membuka perpus saya perlu beberapa faktor penunjang. Diantaranya fotografi, design, kepenulisan dan manajemen buku (atau apa ya istilahnya?). 

Tiga dari empat faktor di atas, Alhamdulillah tidak ada masalah. Tinggal satu yang belum saya kuasai yaitu bagaimana cara mengurus dan memanaje buku.

Selama ini yang diketahui hanya sekedar disusun di rak saja.

Goal yang ingin saya capai, saya ingin dari mentorship ini semoga saya bisa mengelola buku-buku dengan baik, syukur-syukur bisa sampai pada pengelolaan perpustakaan dan launching. Hehee.. Aamiin.

Sejak awal kelas, sulit sekali menemukan sumber ilmu/potluck tentang manajemen perpustakaan/buku. Makanya saya sangat senang ketika menemukan profil Mba Lia yang menawarkan urusan per-buku-an. Hehee

Ini link jurnal yang tadi saya sebutkan
Terimakasih Mba 💝


Mentor:

Masya Allah... koq enak baca tulisan mbak. Pengen la lancar nulis kyk gini. Ok... makasu utk  assesment skill nya mbak.

Sy blm buat jurnal.

Goal kita sama ya mbak... pengen punya perpustakaan online.

Sy udah jalanin. Tp blm byk anggota. Masih kalangan komunitas sekitar yg dikenal. 

Sy pun blm merasa blm mumpuni di sisi promosi online nya. 

Saling belajar kita ya mbak...


Manajemen buku kita bahas berikutnya ya mbak...


Huaaaa...
Jawaban idaman banget. Ternyata mentor saya pun punya perpus!
MaasyaaAllaah.. Alhamdulillaah..

Goal saya adalah bisa mengelola buku untuk perpustakaan.


Alhamdulillaah, done untuk pekan ini.
Masih ada banyak langkah untuk kedepannya.

Semoga, apa yang kami lakukan merupakan hal baik yang memberi kebaikan bagi satu sama lain. 
Semoga Allah meridhoi 💝

Bismillaah

You Might Also Like

0 komentar