10 Hal Wajar pada Pra Aqil Baligh

Selasa, Oktober 02, 2018


10 hal wajar pada anak pre aqilbaligh usia 10-15 namun dianggap kenakalan


By: Ust. Harry Santosa 


1.Tidak mau diatur

Ketahuilah bahwa anak usia 10-15 tahun sudah menjelang dewasa, tak ada seorang dewasa pun yang suka diatur. Itu normal, maka bantu temukan aktifitas yang produktif yang ananda sukai sehingga ia bersemangat dan sadar untuk mengatur diri nya.


2.Tidak mau lagi mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Ketahuilah bahwa anak usia 10-15 tahun sudah lebih tertarik dengan pekerjaan di sosialnya. Maka beri tugas tugas dalam kehidupan sosial yang lebih luas. Ajak bisnis keluarga atau kolega, libatkan dalam kegiatan sosial ayah bunda, buat proyek proyek dalam kontribusi sosialnya.


3.Suka memiliki privacy

Ketahuilah bahwa ciri kedewasaan yang sehat adalah memiliki privacy sebagai bagian dari fitrah individualitasnya yang sehat. Maka beri kepercayaan dan ruang privasi yang cukup bagi ananda, namun binalah kedekatan dan cinta agar mau terbuka menyampaikan perasaan maupun masalah nya.


4. Suka bertingkah aneh agar eksis.

Ketahuilah bahwa mereka sedang dalam pencarian keunikan atau jati diri dan butuh pengakuan. Maka bantu lah temukan keunikannya atau fitrah bakat nya sehingga menjadi peran dan karua produktif.


5. Tidak fokus, berpindah-pindah minat.

Ketahuilah bahwa tiada satu manusia pun yang tiba tiba punya peran hebat atau karya Hebat, tetapi sunnatullah adalah diawali dengan storming lalu forming baru setelah itu performing. Maka banyaklah bersabar memfasilitasi dan memaafkan serta memberi kesempatan untuk menemukan peran terbaiknya dan merancangkan hidupnya dan masa depannya.


6. Suka berpetualang, kadang berbahaya.

Ketahuilah bahwa di tahap menjelang dewasa, fitrah perkembangan mereka mendorong mereka untuk siap menerima masalah agar tangguh. maka berhenti lah menganggap mereka anak anak, rancang lah program gang seru dan membuat mereka tangguh seperti ekspedisi atau merantau.


7. Suka eksklusifitas atau pengakuan khusus.

Ketahuilah bahwa anak menjelang dewasa sering perlu lingkungan eksklusif sebagai bagian fitrah nya untuk hidup lebih eksis dan beradab. Maka kenalkan atau kunjungi atau magangkan pada tokoh teladan yang menginspirasi Kehebatan dan keshalihan, karena kehebatan atau keshalihan tidak bisa diajarkan tapi ditemukan.


8. Suka lawan jenis

Ketahuilah bahwa anak yang mulai suka lawan jenis itu berarti fitrah seksualitasnya sehat. Maka di tahap usia ini dekatkan anak perempuan dengan ayah nya dekatkan anak lelaki dengan ibu, agar mereka menerima perasaan suka lawan jenis sebagai suatu yang wajar dan befmanfaat untuk mengenal bagaimana bersikap pada lawan jenis dan kelak menjadi ayah ibu sejati.


9. Lebih memilih berkumpul dengan geng dari pada keluarga.

Ketahuilah bahwa anak usia pre aqil baligh pada fitrah sosialitasnya senang berjamaah. Maka berikan ananda jamaah atau komunitas yang produktif sesuai bakat minat anak.


10. Suka kepemilikan.

Ketahuilah bahwa anak menjelang dewasa ingin memiliki kepemilikan sendiri bukan cuma dipinjamkan. Maka latih mereka untuk mencari nafkah atau membuat solusi atau project untuk memenuhi biaya kepemilikannya sendiri.

You Might Also Like

0 komentar