Jurnal #2 Bunda Cekatan IIP : Telur Merah

Selasa, Desember 24, 2019

Bismillaah.

Masuk ke tugas ke-dua.

Setelah berburu telur-telur aktivitas yang membahagiakan di jurnal pertama, pekan ini kita berburu telur-telur keterampilan yang menyokong aktivitas kita agar tetap membahagiakan.

Tugas ini saya awali dengan unfolding my mind dengan mind map.

Saya sampai beberapa kali membuat mind map.
Dan ini yang akhirnya saya pakai.



Diblur ya, soalnya acak-acakan + tulisan berantakan karena berburu dengan waktu, hahaa..

Saya juga membuat dengan aplikasi, lucu banget, tapi sayangnya tidak bisa disave dalam bentuk file.

Dari mind map ini, saya bisa lebih jelas memahami apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas saya.

Oke, langsung dipecah ya.







Dari lima aktivitas yang saya sukai di jurnal sebelumnya, saya mendapat daftar keterampilan yang diperlukan.

Manajemen Waktu
Manajemen Waktu menempati urutan pertama keterampilan yang diperlukan di hampir semua aktivitas.

Manajemen Gadget
Manajemen Gadget di sini lebih kepada bagaimana saya mengelola "isi" gadget. Bagaimana saya mengatur penyimpanan file, mengelola aplikasi, merapikan perintilan segala sesuatu yang ada di dalam gadget agar efektif dan efisien.
Jadi ketika saya butuh sesuatu, saya bisa segera menemukannya.
Termasuk menjaga space gadget agar tetap maksimal.

Manajemen Arsip atau File
Keterampilan dalam mengatur penyimpanan dokumen. Baik yang rahasia, penting, daily maupun perintilan.
Kalau manajemen file (istilah saya sendiri) lebih kepada mengelola arsip digital.
Adakah di sini yang file dan folder di laptopnya berantakan ? Hayooo.. mulai dimanage ya..   Hihihii...

Teknik Berkebun
Skill yang pasti ingin dikuasai oleh para "farmer".
Karena masing-masing tanaman mempunyai karakter dan kriteria tanam yang berbeda.

5S atau 5R
Yang pernah kerja di perusahaan Jepang mana suaranya...?
Hihihi..
Pasti sudah akrab dengan slogan ini.
5S adalah singkatan dari 5 kata dalam bahasa jepang.
Seiri (Ringkas), Seiton (Rapi), Seiso (Resik), Seiketsu (Rawat), Shitsuke (Rajin)
Lebih lengkapnya teman-teman bisa baca di sini
https://eriskusnadi.com/2011/08/06/5s-seiri-seiton-seiso-seiketsu-shitsuke/
atau googling saja ya.

Sustainable
Makna gampangnya sih, ramah lingkungan.
Tapi untuk lebih jelasnya bisa baca sendiri di
https://sustaination.id/apa-itu-sustainable-living/ ya..

Minimalist living
Saya mengartikannya sebagai gaya hidup sederhana.
Kalau bisa sederhana, ngapain repot-repot.
Sebenarnya, hidup itu memang sesederhana itu. Kita lah yang sengaja merepotkan diri sendiri. Menyibukkan hidup dengan kesibukan yang kita ada-adakan sendiri.
Hmm.. bisa googling sendiri ya bagaimana minimalist living itu.

Mengelola Mindset

Less Waste

Declutter

Menguasai Aplikasi (Design/Editing)

Membuat Planning
Ini semacam menyusun RPP dan membuat planner.

Set the Boundaries
Boundaries bisa diartikan sebagai batas-batas dalam bayang aspek.
Bisa berupa jadwal, area/ruangan, label, dll.

Praktek bersama anak-anak
Oke, ini memang tidak terlihat seperti sejenis keterampilan. Tapi percayalah, main sama anak juga butuh keterampilan.


Dari daftar keterampilan tersebut, saya memetakannya ke dalam kuadran prioritas sebagai berikut.



Dan dari kuadran aktivitas ini, saya bisa mengambil beberapa keterampilan prioritas.



Ini dia 5 keterampilan prioritas yang ingin saya pertajam.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba juga, bisa menggunakan file saya di sini ya.
Untuk mind map nya, saya menggunakan aplikasi di hape. Bisa search di play store dengan kata kunci "mind map".

Selamat berkreasi, semoga bermanfaat.

See you next post insyaaAllaah.




P.S. : Klik gambar untuk tampilan yang jelas

You Might Also Like

0 komentar