Aliran Rasa Kelas Ulat Bunda Cekatan IIP

Selasa, Maret 17, 2020



Pada awalnya, saya membuat 5 daftar keterampilan untuk Kelas Telur. Daftar tersebut ada di Jurnal 3.



Lalu kemudian, saya fokus pada 4 poin dari 5 poin yang saya buat itu.

Dan di bawah ini adalah peta yang saya buat.


Lalu, mulailah saya terjun ke belantara ilmu dengan membawa sebuah peta yang saya buat ini.

Dari sini, saya mulai berburu ilmu yang berkaitan dengan peta.
Baik ilmu utama, maupun ilmu pendukung.

Kebetulan (sebenarnya saya tidak percaya pada kebetulan), grup yang saya ikuti, kebanyakan beranggotakan sedikit orang saja.
Alhasil, saya pun bisa mampir, camping, dan menetap di beberapa grup ekstra.

Makanan utama dan Camilan, alhamdulillaah sama banyaknya.
Camilannya pun sehat, karena saya hanya memilih camilan yang masih berada di jangkauan peta.

Apa saya buruan saya:

Berikut ini saya cantumkan daftar belanja yang saya buat sebelum memasuki hutan ilmu.

👇🏻






Setelah mengerucutkan daftar belanja dan membuat peta, alhamdulillaah hampir semua pos-pos kebutuhan terpenuhi dari hasil buruan.

Kecuali satu, yaitu Perpustakaan Online.

Saya sama sekali tidak menemukan camp yang membahas tentang perpustakaan maupun sesuatu yang berkaitan dengan itu.

Jadi hasilnya masih big zero.

Sebenarnya saya ingin membuat perpustakaan karena ingin buku-buku saya yang menumpuk di rak ini bisa dibaca dan bermanfaat untuk banyak orang, bukan hanya untuk saya.

Lalu kemudian saya menyadari, pada jaman sekarang ini, dari pada pinjam buku (yang mungkin gratis tapi ada ongkos kirim) mendingan beli sekalian.

Atau mungkin kebanyakan orang akan lebih memilih membeli versi e-book yang harganya lebih terjangkau.

Jadi saya belum mendapatkan solusi atau pengganti untuk yang satu ini.

Saya juga agak sedikit kurang puas karena saya sebenarnya ingin berguru kepada ahlinya masing-masing.

Yang saya rasakan di camping ground ini,
seperti meraba-raba karena semua anggota sama-sama sedang belajar, tanpa pemandu yang ahli.

Meskipun saya mendapat banyak sharing dari teman-teman dan banyak juga hal-hal di luar dugaan dan wow sekali.
Tapi rasanya masing ada yang kurang dan susunan/tahapan ilmu dan prosesnya masih berantakan.

Hanya saja, pengalaman bertemu dan berbagi dengan banyak teman dari berbagai latar belakang dan wilayah, memang benar-benar luar biasa. Alhamdulillaah 💓

You Might Also Like

0 komentar